@2020

Mengenal Seni Musik Lebih Dalam

Seni musik merupakan bagian penting dari kehidupan. Musik digunakan dalam semua hal diantaraya sebagai ungkapan ekspresi diri. Seseorang pasti mengetahui dan mengenal musik secara dasar, bahkan tanpa melalui proses belajar. Sejak manusia dilahirkan mereka sudah dikenalkan dengan berbagai alunan irama.

Unsur-unsur Seni Musik
Unsur dalam suatu seni musik sangatlah penting, karena faktor dasar terciptanya sebuah seni salah satunya merupakan kombinasi dari unsur-unsur seni. Berikut ini adalah unsur-unsur seni musik, meliputi :
1.      Irama
Ritme atau biasa disebut irama adalah pergantian panjang pendek, tinggi-rendah nada dan nyaring-lembutnya suatu nada atau bunyi dalam rangkaian senu musik yang dihasilkan akibat pengulangan bunyi. Irama tersebut menentukan ketukan dalam alunan musik. Irama dapat dirasakan dengan cara mendengarkan sebuah lagu secara berulang-ulang yang dapat membentuk pola irama. Pola irama tersebut akan memberikan efek perasaan ritmis untuk seseorang.

2.      Melodi
Melodi adalah sebuah rangkaian nada atau bunyi, yang ditanggapi berdasarkan perbedaan tinggi rendah atau naik turunnya nada. Melodi merupakan bentuk dari ungkapan penuh atau hanya penggalan ungkapan melodi. Sebuah melodi terdiri dari durasi, pitch dan tone. Durasi merupakan rangkaian not-not yang disusun menjadi melodi dalam rentang waktu tertentu. Not bisa dihasilkan dari berbagai alat musik dengan warna suara yang berbeda atau biasa disebut dengan instilah tone. Pitch adalah suatu hal yang mengatur rangkaian not dengan lambang alfabet A-G atau disebut juga dengan warna suara atau timbre.

3.      Birama
Birama adalah unsur seni musik berupa ayunan atau jetukan secara berulang-ulang yang datang secara teratur dalam wantu yang sama. Birama biasanya dituliskan dalam bentuk angka pecahan seperti 2/4, 3/4, 2/3 dan seterusnya. Angka pembilang (di belakang tanda “/”) menunjukkan nilai nada dalam satu ketukan. Terdapat 2 jenis birama utama yaitu birama perpaduan dan birama pertigaan yang dapat dibedakan menjadi :
a.       Birama pertigaan bersahaja : Birama ¾ dan 3/8
b.      Birama pertigaan bertingkat : Birama 6/4, 6/8, 9/4 dan 9/8
c.       Birama perduaan bersahaja : Birama 2/4 dan 2/8
d.      Birama perduaan bertingkat : Birama 4/4, 8/4, 4/8 dan 8/8

4.      Tangga Nada
Tangga nada merupakan deret atau urutan nada yang disusun secara berurutan atau berjenjang. Antara nada saty dengan nada yang lain terdapat jarak tertentu. Jarak tersebut diantaranya ½, 1, 1 ½ dan 2. Jarak ini yang menentukan kombinasi nada dan jenis tangga nada. Contohnya, jika kita suarakan do, re, mi, fa, sol, la, si, do, maka suara yang kita hasilkan merupakan urutan nada dari nada rendah ke nada yang semakin tinggi. Urutan tersebut diawali dari salah satu nada dan diakhiri dengan nada yang sama akan tetapi lebih tinggi 1 oktaf.

Terdapat 3 macam tangga nada, yaitu :
a.       Tangga Nada Kromatis.
b.      Tangga Nada Pentatonis
c.       Tangga Nada Diatonis.

5.      Harmoni
Harmoni adalah keindahan komposisi bermusik. Harmoni merupakan bagian yang melibatkan nada atau kunci (kord) yang berlangsung secara terus -menerus. Dalam musik harmoni akan tamoat ketika terdapat keseimbangan antara momen penekanan serta pelepasan. Harmoni tersebut tersusun dari interval, kunci dan skala. Interval adalah jarak yang terdapat antara dua buah nada. Kunci yaitu serangkaian not yang mengatur keharmonisan suatu melodi dalam interval tertentu. Sedangkan skala marupakan sekumpulan not yang berperan sebagai kerangka dari suatu musik. Skala juga bisa berfungsi sebgaia acuan untuk menentukan not yang akan dimainkan pada musik.

6.      Tempo
Tempo yaitu cepat atau lambatnya sebuah lagu. Semakin cepat sebuah lagu dimainkan maka nilai tempo yang dimainkan akan semakin besar. Beat merupakan ukuran untuk menentukan tempo, yaitu ketukan dasar yang digunakan untuk menghitung banyaknya ketukan dalam satu menit.

7.      Dinamik
Dinamik marupakan tingkatan keras dan lembutnya cara memainkan musik, hal ini diperlukan agar musik tidak terdengar monoton. Berikut adalah pembagian tanda dinamika :
a.       Tanda dinamik lembut
·         Piano (p) = lembut
·         Pianissimo (pp) = sangat lembur
b.      Tanda dinamik sedang
·         Mezzo Piano (mp) = setengah lembut
·         Mezzo Forte (mf) = agak keras
c.       Tanda dinamik keras
·         Forte (f) = keras
·         Fortissimo (ff) = sangat keras

8.      Ekspresi
Ekspresi yaitu ungkapan perasaan hati yang dituangkan melalui mimik wajah, baik itu rasa sedih, kecewa, cinta, gembura dan lainnya. Agar penikmat hanyut dalam musik yang dibawakan, penyanyi harus bisa berekspresi sesuai dengan pesan yang akan disampaikan melalui lagunya.

9.      Timbre

Timbre yaitu kualitas atau warna bunyi dalam seni musik. Keberhasilan untuk memunculkan unsur ini sangat bergantung pada sumber suara dan cara bergetarnya suatu instrumen. 
Newest
Previous
Next Post »

Mengenal Seni Musik Lebih Dalam

Seni musik merupakan bagian penting dari kehidupan. Musik digunakan dalam semua hal diantaraya sebagai ungkapan ekspresi diri. Seseorang pa...