@2020

Seni Musik Sebagai Bagian Dari Kehidupan

Musik adalah seni yang menggunakan suara yang telah disusun sedemikian rupa untuk menghasilkan lagu, irama dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan suara. Sedangkan seni musik merupakan sebuah cabang seni yang menggunakan musik sebagai sarana untuk mengungkapkan ekspresi pembuatnya. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, seni musik telah menjadi salah satu sarana hiburan dikalangan masyarakat.
Pengertian Seni Musik
            Seni adalah kemampuan seseorang untuk membuat sesuatu dalam hubungannya dengan upaya mencari suatu tujuan yang telah ditentukan oleh sebuah gagasan tertentu. Musik merupakan seni yang melibatkan suara untuk disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan lagu, irama dan keharmonisan. Jadi, seni musik merupakan sarana untuk berekspresi bagi seseorang yang menggunakan alat musik maupun suara vokal.
            Secara etimologi “seni” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pelayanan, pemberian, penyembahan”. Etomologi kata “musik” berasal dari bahasa Yunani mousike. Mousike merujuk kepada semua seni yang dipimpin oleh Muses berupa puisi dan seni musik. Kata ars musica digunakan untuk menyebut puisi yang memakai instrumen musik di Roma, Italia.
Fungsi Seni Musik
            Dalam karya seni selalu memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Musik memiliki banyak manfaat yang bisa diambil untuk sendiri maupun masyarakat pada umunya. Berikut ini merupakan penjelasan lengkap terkait fungsi dan manfaat seni musik dalam kehidupan sehari-hari:
1.      Sarana Komunikasi
Musik menghasilkan bunyi yang mengandung pola ritme yang memiliki maksud dan tujuan tertentu. Misalnya digunakan pada saat upacara maka musik akan digunakan sebagai pertanda bahwa upacara akan dimulai.
2.      Sarana komersial
Tidak sedikit para seniman yang menjadikan musik sebagai sumber penghasilan. Penghasilan tersebut diperoleh dengan cara menjual rekaman hasil karya mereka ke pasaran. Dalam bentuk CD atau kaset. Selain itu, hasil karya yang dibuat dalam sebuah film atau iklan juga dapat menjadi tambahan penghasilan.
3.      Sarana ekspresi diri
Pemusik menjadikan musik sebagai sarana untuk mengungkapkan ekspresi perasaannya. Misalnya jika ingin mengungkapkan perasaan semangat, maka pemusik akan memainkan irama yang cenderung bertempo cepat dan menggebu-gebu. Sebaliknya, jika ingin meluapkan perasaan yang sedih maka pemusik akan memainkan irama yang cenderung bertempo pelan dan halus.
4.      Sarana kreativitas
Kreatif adalah sifat murni yanf ada pada semua individu yang mengiringi kepribadiannya dalam rangka pemenuhan kebutuhannya. Musik dapat menjadikan seseorag kreatif dengan irama dan lirik yang mereka buat sesuai dengan naluri yang ada dipikirannya.
5.      Sarana pendidikan
Fungsi musik dalam dunia pendidikan sangat banyak dimanfaatkan oleh sekolah maupun lembaga pendidikan dalam proses pembelajaran. Sekolah menjadikan musik untuk mengasah kreativitas dan mencari bakat siswa. Bahkan seni musik juga diperlombakan untuk mengasah kemampuan bermusik para siswa.
6.      Sarana terapi
Pada saat ini musik banyak digunakan sebagai terapi pasien dengan gangguan mental ataupun kelumpuhan organ tubuh. Selain itu, musik juga digunakan sebagai sarana relaksasi sistem pola otak yang bekerja sangat lelah. Penggunaan musik sebagai saran terapi telah digunakan sejak perang dunia ke-II untuk memulihkan emosional korban perang. Musik menjadikin pikiran dan mengendalikan emosional seseorang agar menjadikannya lebih tenang dan terkontrol.
7.      Sarana upacara
Musik sering digunakan untuk upacara-upacara tertentu, seperti upacara spiritual, perkawinan, kematian dan kenegaraan. Peran seni musik dalam upacara yaitu untuk menambah kekhidmatan acara tersebut. Bahkan musik juga sering kali dijadikan sebuah ikon dalam acara tersebut.
8.      Sarana hiburan
Sejak zaman dulu seni musik telah dimanfaatkan sebagi media untuk menghibur diri sendiri maupun orang lain. Misalnya dalam tradisi musik tradisional yang telah digabungkan dengan lelakon wayang menghasilkan sebuah perpaduan yang membuat semua orang merasa terhibur, senang dan bahagia pada saat mendengarnya.
9.      Pengiring tari

Seni musik dan seni tari merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya memiliki pola dan ritme yang sama, sehingga dalam seni tari tanpa diiringi irama musik akan terasa hampa dan terkesan monoton. Tanpa musik juga akan menyulitkan penari untuk melakukabn gerakan tarian. 
Previous
Next Post »

Mengenal Seni Musik Lebih Dalam

Seni musik merupakan bagian penting dari kehidupan. Musik digunakan dalam semua hal diantaraya sebagai ungkapan ekspresi diri. Seseorang pa...